Penipuan kripto: Siapa mereka, apa yang mereka lakukan, dan cara menghindari mereka

By Peter Henn

Ada banyak penipuan kripto. Kami menjelaskan cara untuk mengenalinya dan menghindarinya

Penipuan kripto                                 

Isi

Dunia mata uang kripto relatif baru dan relatif tidak diatur. Hal ini menarik penipu yang ingin melakukan semua jenis penipuan kripto. Kami ingin memastikan Anda memiliki perjalanan teraman melalui dunia kripto, jadi kami akan memberitahu Anda tentang penipuan dan cara menghindari mereka.

Tidak semua mata uang kripto yang gagal adalah penipuan. Investor dapat kehilangan uang jika koin asli gagal karena sebab alami dan tidak ditujukan secara khusus untuk menipu orang. Khususnya ketika koin dipromosikan dengan antusias melalui akun media sosial, Anda harus berhati-hati dan melakukan penelitian Anda sendiri.

Mari kita lihat beberapa fakta dan angka, melihat ke contoh-contoh penipuan untuk memahami lebih baik cara kerja penipuan mata uang kripto dan cara menghindari penipuan mata uang kripto terjadi pada Anda.

Peningkatan penipuan kripto

Di AS sendiri, investor kehilangan lebih dari $80 juta karena penipuan mata uang kripto dalam waktu enam bulan di antara 1 Oktober 2020 dan 31 Maret 2021, menurut laporan dari Federal Trade Commission (FTC). Laporan tersebut mengatakan bahwa hampir 7,000 orang menjadi korban penipuan mata uang kripto dengan rata-rata kerugian sebesar $1,900. Angka tersebut menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan periode yang sama di 2020, lebih dari 12 kali sejumlah orang menjadi sasaran penipuan mata uang kripto, dengan total uang yang dicuri hampir mendekati 1,000%.

Peningkatan penipuan kripto

Analis program FTC Emma Fletcher menyatakan bahwa mata uang kripto yang relatif baru, dikombinasikan dengan harga kripto yang tinggi saat itu menyebabkan lebih banyak orang tertarik pada kripto, “bermain menjadi tangan-tangan penipu”

Ia mengatakan:

”Mereka berbaur dalam situasi dengan klaim yang masuk akal karena mata uang kripto adalah wilayah yang tidak diketahui untuk banyak orang”

Laporan FTC mengatakan bahwa orang berusia antara 20 dan 49 lima kali lebih sering menjadi korban penipuan kripto, tapi orang berusia lebih dari 50 lebih mungkin untuk kehilangan jumlah yang lebih tinggi dengan rata-rata kerugian untuk orang di kelompok usia tersebut berada di $3,250.

Wall Street Journal berbagi cerita mengenai Sebastian, seorang teknisi farmasi berusia 28 tahun yang kehilangan investasinya sebesar $10,000 di start-up kripto LUB. WSJ mengatakan bahwa koin tersebut, yang menjanjikan return harian kepada investor sebesar 10%, mati di bulan Mei. Sebastian mengatakan:

“Saya merasa malu dan masih tidak bisa memahami betapa bodohnya saya.”

Perusahaan analitik blockchain CipherTrace menyatakan bahwa telah terjadi penurunan penipuan investasi kripto di seluruh dunia dengan $4.1 miliar yang dicuri secara global di 2019 dan $432 juta diambil selama empat bulan pertama di 2021.

Namun, perusahaan tersebut mengatakan, ada pertumbuhan di penipuan kripto melibatkan decentralised finance (DeFi) dengan $83.4 juta diambil dari investor pada sepertiga pertama di tahun 2021, lebih dari dua kali lipat $41 juta dicuri dari seluruh dunia pada 2020.

Penipuan mata uang kripto dihukum

Pihak berwenang berhasil mengejar beberapa penipu. Pada Februari, pengelola investasi kripto Stefan Qin mengaku bersalah atas tuduhan penipuan keamanan di Pengadilan Federal AS di New York. Ia mengaku berbohong ke investor mengenai return dari dana unggulannya sebesar $90 juta, Virgil Sigma Fund LP. Qin, 24, warga negara Australia dari Canberra, mencuri hampir semua aset dana tersebut dan mencoba mencuri dari dana lainnya untuk membantu membayar investor. Pengacara AS Audrey Strauss mengatakan:

“Seluruh kartu telah terungkap dan sekarang Qin sedang menunggu hukuman atas pencurian yang tidak tahu malu itu.”

Pada 2 Maret, pengadilan Amerika memutuskan bahwa Benjamin Reynolds, dari Manchester, di Inggris, harus membayar $571 juta setelah ia diketahui telah menipu orang untuk mengirimkan dirinya lebih dari 22,000 bitcoin. Pengadilan federal di Manhattan menyatakan Reynolds harus membayar sekitar $143 juta sebagai ganti rugi di atas denda sebesar $429 juta.

Reynolds memberi tahu investor bahwa dia akan memperdagangkan bitcoin mereka di pasar mata uang untuk meningkatkan laba. Ia tidak melakukan perdagangan untuk kliennya tersebut. Penipuan itu dilaksanakan antara bulan Mei dan Oktober 2017, membuat 169 warga negara Amerika sebagai sasaran dan lebih dari 1,000 orang di seluruh dunia.

Penipuan kripto di seluruh dunia

Potensi penipuan mata uang kripto tidak hanya terbatas di AS. Koran Inggris Sunday Times melaporkan pada Juli mengenai Grantedge Trading Investment. Perusahaan palsu tersebut secara salah mengklaim oligarki Rusia Alisher Usmanov sebagai Kepala Eksekutifnya. Hal ini mencantumkan miliarder baja dari India Laksmi Mittal dan raja kimia dari Inggris Sir Jim Ratcliffe sebagai pemegang saham. Grantedge menawarkan mata uang kripto di antara produk-produknya yang dapat diperdagangkan.

Pada bulan April, bursa kripto dari Turki Thodex hilang, meninggalkan sekitar 391,000 orang tidak bisa mengakses akun mereka. Faruk Fatih Özer, CEO perusahaan tersebut, terlihat di bandara. Media Turki melaporkan bahwa ia telah mengambil mata uang digital sebesar $2 miliar.

Secara historis, salah satu upaya penipuan paling terkenal melibatkan postingan media sosial yang viral yang mengklaim Martin Lewis, pendiri situs web dari Inggris MoneySavingExpert.com menyarankan orang untuk berinvestasi di bitcoin melalui situs web palsu.

Lewis mengambil jalur hukum terhadap Facebook. Pada Januari 2019, raksasa media sosial tersebut setuju untuk membayar £3 juta ke Citizen’s Advice sehingga organisasi tersebut dapat membuat proyek “tindakan penipuan”.

Lewis, seorang fixture media Inggris, mengatakan:

“Anda pasti pernah melihat iklan dengan saya untuk Bitcoin atau perdagangan Bitcoin. Mereka bukan Bitcoin, mereka penipuan. Jangan sentuh mereka. Jika Anda melihat wajah saya di sebuah iklan, hal itu tidak benar. Berhati-hatilah untuk melakukan penelitian Anda dan pergi ke sumber yang sah jika Anda ingin Bitcoin”

Jenis-jenis penipuan kripto

Beberapa jenis penipuan investasi kripto termasuk:

  • Bursa kripto palsu, yang terlihat seperti perusahaan yang sah tapi kemudian menghilang dalam semalam, membawa investasi konsumen mereka.

  • Skema investasi palsu, ketika orang dijanjikan dengan return yang sangat besar. Seringkali, hal ini menunjukkan selebriti dan pebisnis sukses terlibat atau mendukung skema tersebut.

  • Skema Ponzi, yang menjanjikan keuntungan yang besar jika seseorang terlibat. Tapi bagian penting dari hadiah mereka melibatkan merekrut teman dan keluarga untuk mendaftar. Uang dari anggota baru digunakan untuk membayar anggota lama. Ia akan hancur ketika tidak ada anggota baru yang bisa ditemukan untuk melakukan pembayaran.

  • Spoofing and impersonation, ketika orang membuat situs web palsu atau menyadap nomor ponsel untuk meyakinkan mereka untuk mengirimkan uang kepada mereka.

  • Malware, yang menempelkan dirinya sendiri pada komputer orang dan mencuri informasi mereka.

  • Exit scams, ketika perusahaan mengambil uang tanpa mengirim produk. Dalam hal penipuan mata uang kripto, hal ini sering berbentuk sebuah perusahaan mengumpulkan uang melalui penawaran koin awal (ICO) dan ditutup baik selama ICO atau sesaat setelah berakhir.

Cara mengenali penipuan kripto

  • Lakukan perhitungan Anda. Bitconnect menjanjikan investor bunga majemuk setiap hari sebesar 1%. Melakukan perhitungan akan memberitahu Anda bahwa deposito sebesar $1,000 akan menghasilkan return yang tidak mungkin sebesar $50 juta hanya dalam lima tahun.

  • Tetap berkepala dingin. Jika sesuatu terdengar sangat bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang seperti itu.

  • Selalu pastikan untuk memeriksa ulang berbagai hal. Jika aku media sosial mengklaim orang yang terkenal berada di belakang atau mendukung sebuah produk, maka Anda perlu memastikan hal itu benar.

  • Jika dokumen atau situs web penuh dengan kesalahan cetak atau kekeliruan, maka Anda hampir pasti berurusan dengan penipuan mata uang kripto.

  • Jangan membiarkan orang lain memiliki akses ke komputer atau ponsel Anda.

  • Lakukan penelitian Anda. FTC menyarankan Anda lakukan pencarian di web untuk produk kripto ditambah “tinjauan” “penipuan” atau “keluhan”.

Cara mengenali dan menghindari penipuan kripto

Ingatlah juga bahwa mata uang kripto berada di pasar yang berubah-ubah. Bahkan jika Anda berurusan dengan sesuatu yang asli, tidak ada jaminan Anda akan mendapat uang. Lakukan penelitian Anda, ingat harga kripto dapat naik dan juga turun, dan jangan pernah berinvestasi lebih dari yang Anda mampu.

The material provided on this website is for information purposes only and should not be regarded as investment research or investment advice. Any opinion that may be provided on this page is a subjective point of view of the author and does not constitute a recommendation by Currency Com Bel LLC or its partners. We do not make any endorsements or warranty on the accuracy or completeness of the information that is provided on this page. By relying on the information on this page, you acknowledge that you are acting knowingly and independently and that you accept all the risks involved.
iPhone Image
Giao dịch các cổ phiếu, chỉ số, hàng hóa và cặp FX được token hóa với tiền điện tử hoặc tiền pháp định
iMac Image
Giao dịch các cổ phiếu, chỉ số, hàng hóa và cặp FX được token hóa với tiền điện tử hoặc tiền pháp định
iMac Image